Executive Series, 26 November 2019

Selasa, 26 November 2019 pukul 14.00 WIB diadakan acara Executive Series: Leadership Innovation and Business Transformation dengan narasumber Dr. Ir. Dwi Soetjipto Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Acara dibuka oleh penampilan dari Art and Entertainment Centrum (AEC) yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada, dan sambutan oleh Bapak Kusdhianto selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, serta penyerahan cinderamata kepada narasumber.
Bapak Dwi Soetjipto berbagi pengalaman saat beliau diberikan kepercayaan untuk mengelola Semen Padang. Beliau berbagi pengalaman bagaimana beliau mengatur kekacauan dalam persuhaan ini dengan memberikan contoh bagaimana beliau membuat karyawannya percaya kepada beliau dan bersinergi untuk membangun semen padang menjadi perusahaan yang lebih baik. Kemudian beliau dipindah ke perusahaan semen gresik dan semen tonasa.
Beliau mempercayai bahwa setiap perusahaan semen ini dapat bekerja sama dengan membuat sinergi yang bagus dan baik. Selain itu, beliau juga melakukan perubahan pola pikir terhadap bawahannya untuk mempunyai self-belongings terhadap perusahaan. Dengan cara inilah beliau mentransformasi ketiga perusahaan semen di Indonesia dibawah satu holding yaitu, Semen Indonesia. Kemudian beliau menjabat menjadi direktur pertamina dan kepala SKK Migas.
Hal yang menarik yang dipaparkan beliau adalah mengenai bagaimana beliau memaparkan tentang pentingnya mengubah pola pikir karyawan, bersinergi, dan mencari lawan external untuk menyolidkan antar anggota perusahaan. Menurut beliau, jika tidak ada tujuan bersama siapa yang akan dikalahkan atau musuh bersama, maka para anggota perusahaan atau organisasi akan bertengkar di dalam dan membuat chaos. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk mempunyai tujuan bersama.
Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta acara executive series dan ditutup dengan foto bersama.