Trading Class: Top Notch Investor, 19 September 2019

Dibuka pukul 16.15 bertempat di Ruang 405 MM FEB UGM, kegiatan Trading Class: Top Notch Investor 2019 berjalan dengan lancar. Acara yang dihadiri oleh 36 orang yang berasal dari seluruh angkatan MM UGM dibuka oleh sambutan dari Ketua Finance Club yaitu M. Mahardika Y. Putra. Acara kemudian dimulai dengan perkenalan oleh narasumber. Setelah perkenalan, narasumber membuka materi dengan penjelasan terkait investasi. Pembicara memaparkan pentingnya melakukan investasi dikarenakan oleh 4 alasan, yaitu inflasi, peningkatan harta kekayaan, ketidakpastikan di masa yang akan datang, dan kebutuhan.
Materi kemudian dilanjutkan dengan pemapaparan terkait pasar modal. Pada bagian ini dijelaskan terkait keuntungan dan risiko dalam melakukan trading saham, pendekatan yang digunakan dalam pemilihan saham, serta potensi return dan risk dalam perdagangan saham. Materi kemudian juga dilanjutkan dengan tahap-tahap saat akan memulai investasi, dimulai dari mengenali tipe risiko diri sendiri, mempelajari alternatif investasi, hingga akhirnya menentukan strategi investasi.
Materi kemudian dilanjutkan dengan perkenalan potensi profesi yang dapat diambil di dunia pasar modal, diantaranya profesi yang ada di dunia sekuritas, dana pensiun, aset manajemen, dan perbankan. Kemudian pembicara menjelaskan terkait analisis pemilihan saham yaitu fundamental dan teknikal. Pembicara memberikan saran bahwa jika tujuannya ingin trading, utamakan untuk dapat melakukan anlisa teknikal dibandingkan fundamental. Sebaliknya, apabila tujuan dari pembelian saham adalah untuk investasi jangka panjang, sebaiknya perhatikan analisis fundamental dibandingkan analisis teknikal. Sebelum materi berakhir pembicara menjelaskan perbedan terkait pasar modal konvensional dan pasar modal syariah. Pembicara juga sempat memaparkan gambaran dari penggunaan aplikasi dalam analisa teknikal.
Sesi terakhir adalah sesi tanya jawab, dimana terdapat beberapa pertanyaan dari audience salah satunya adalah berapa sebaiknya jumlah modal bagi pemula yang masih mahasiswa fresh graduate jika ingin memulai investasi di saham. Pertanyaan selanjutnya adalah indikator analisa teknikal apa yang tepat dan mudah dilakukan oleh pemula yang ingin memulai trading saham sehingga peka terhadap pergerakan pasar. Pada pukul 18.00 WIB acara kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama peserta dan pembicara.