Financial Freedom, 12 September 2019

Dibuka pukul 16.15 bertempat di Ruang 405 MM FEB UGM, kegiatan berjalan dengan lancar. Acara yang dihadiri oleh 30 orang dari seluruh angkatan dibuka oleh sambutan dari Ketua Finance Club yaitu M. Mahardika Y. Putra. Acara kemudian dimulai dengan perkenalan oleh narasumber. Narasumber juga memaparkan pengalaman-pengalaman beliau sejak masih menjadi mahasiswa hingga memutuskan untuk mengambil kelas Certified Financial Planner (CFP) hingga akhirnya berhasil membuka jasa konsultasi keuangan.
Memasuki inti materi, pembicara mengajukan pertannyaan kepada audience mengenai bagaimana mencapai keamanan secara financial (how to be financially secure?). Pembicara menekankan bahwa jika kita mempunyai aset bukan berarti kita telah secure secara finansial. Pembicara menjelaskan bahwa Financial Freedom is a Mental, Emotional, and Process. Hal yang paling sulit dalam mencapai kebebasann finansial adalah membentuk mental saat memegang uang, bagaimana mental kita mampu menahan diri untuk tidak membelanjakan seluruh uang tersebut. Membedakan antara kebutuhan dan keinginan juga merupakan mental proses yang sulit untuk diterapkan. Selain memberikan 6 kunci untuk dapat mencapai financial freedom, pembicara menekankan pentingnya melakukan Financial Check-Up sebelumnya. Kemudian penjelasan dilanjutkan dengan bagaimana cara mengelola keuangan tersebut sampai kita mendapat target yang kita inginkan. Diantaranya adalah:
1. Generate your income (semakin banyak pendapatan semakin banyak investasi yang dapat dilakukan)
2. Track your spending (penting untuk menentukan seberapa income yang dibutuhkan)
3. Terminate your debt habits
Sesi terakhir adalah sesi tanya jawab, dimana terdapat beberapa pertanyaan dari audience salah satunya adalah bagaimana mengelola portofolio. Pada pukul 18.00 WIB acara kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama peserta dan pembicara.