Strategic Business Debate Competition, 6 September 2019

Kegiatan acara Strategic Business Debate Competition dilaksanakan pada hari Senin tanggal 6 September 2019 dengan tema “Penggunaan Teknologi Informasi dalam Management”. Acara ini diikuti oleh perwakilan semua kelas matrikulasi angkatan REG 75 dan Eks 75. Setiap kelas mengirim 2 (dua) orang sebagai perwakilannya dengan jumlah total peserta adalah 12 orang.
Acara Strategic Business Debate Competition diawali dengan regristrasi lebih dahulu oleh peserta, kemudian peserta terbagi menjadi 2 tim yaitu Affirmative (Pro) dan Negatif (Kontra) yang terdiri dari kelas REG 75 A, REG 75 B, REG 75 C, REG 75 D, REG 75 E dan EKS 75 F. Pembagian antara kelompok tersebut berdasarkan pengundian yang telah dilakukan panitia sebelumnya. Acara Strategic Business Debate Competition dimulai pukul 13.00 oleh MC, kemudian dilanjutkan oleh sambutan oleh Bapak Bayu Sutikno, S.E.,M.S.M., Ph.D. dan CEO MMSA M. Fajar Dzil Ikram, SM. Setelah sambutan kemudian memperkenalkan 3 juri yang ikut membantu acara Strategic Business Debate Competition. Sebelum acara kompetisi debat dimulai MC membacakan peraturan kompetisi debat terlebih dahulu agar acara dapat berjalan tertib dan kondusif.
Lomba Strategic Business Debate Competition diadakan dalam 2 sesi. Untuk sesi pertama, perwakilan kelas sebagai kelompok pro menyampaikan bahwa mereka setuju terhadap revolusi industry 4.0 yang mengimplementasikan kekuatan teknologi informasi di semua lini kehidupan manusia termasuk bisnis. Salah satunya dengan munculnya berbagai startup mendistrupsi apa yang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan bisnis. Contohnya adalah Gojek yang mengubah cara masyarakat mendapatkan moda transportasi. Selain memberikan banyak kemudahan pada konsumen, penggunaan teknologi informasi membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam operasional mereka. Terlebih, teknologi informasi dapat memberikan informasi yang lebih rinci dalam waktu yang singkat untuk pengambilan sebuah keputusan. Sedangkan untuk kelompok kontra, mereka menolak dengan adanya revolusi industry 4.0 salah satunya karena perubahan yang sangat cepat terkait teknologi, memaksa perusahaan untuk berubah menyesuaikan tren industry sehingga banyak perusahaan besar yang terkesan kaget dan kesulitan untuk menyesuaikan perubahan ini. Pada sesi kedua, masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk menanggapi argumen serta saran dari kelompok lain. Pada kesempatan ini masing-masing kelompok tetap bersikeras dengan argumennya masing-masing dan saling memberi sanggahan terhadap ide-ide yang bermunculan. Sesi terakhir diisi dengan debat bebas yang langsung dipandu oleh MC, selain saling menanggapi satu sama lain disini saling mempertanyakan mengenai.
Acara Strategic Business Debate Competition berjalan dengan sangat baik, setiap peserta dari masing-masing kelompok aktif dalam memberikan argumen serta sanggahan-sanggahan yang menarik. Setelah acara debat selesai, kemudian acara dilanjutkan pengumuman pemenang debat oleh MC. Pemenang Strategic Business Debate Competition adalah perwakilan dari kelas REG 75 A, REG 75 B dan REG 75 C. Selain pemenang Strategic Business Debate Competition, terdapat juga best supporter yang dimenangkan oleh kelas REG 75 B, dimana para supporter telah ikut menggembirakan acara Strategic Business Debate Competition dari awal acara hingga akhir.
Acara Strategic Business Debate Competition selesai pada pukul 16.30 WIB dan acara ditutup dengan ucapan terimakasih oleh panitia kepada para peserta dan suporter yang telah berpartisipasi dalam acara dari awal hingga akhir, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama antara peserta dengan panitia, pemenang dan juga.