MAHASISWA MANCANEGARA: ACADEMIX CULTURE PERIODE FEBRUARI 2016

Mahasiswa mancanegara yang berkesempatan melaksanakan studi di MM FEB UGM Kampus Yogyakarta disambut oleh kegiatan outdoor Academix Culture pada Sabtu, 20 Februari 2016 di Desa Wisata Pentingsari, Sleman. Sebanyak 6 mahasiswa peserta program Student Exchange yang berasal dari Jerman, Austria dan Korea Selatan bersama dengan student buddy dan 14 mahasiswa kelas Internasional Angkatan 67 mempelajari beberapa bentuk kebudayaan lokal dan beberapa permainan uji kekompakan.

Peserta berangkat dari Kampus MM FEB UGM di kawasan Barek menggunakan bus pada pukul 07.30 WIB dan tiba di Desa Pentingsari pada pukul 08.30 WIB. Mereka disilakan menikmati kudapan tradisional yang telah disiapkan. Tak lama, seorang penari muncul dan mempersembahkan sebuah tarian selamat datang. Memulai acara, para peserta melakukan permainan ice breaking yang menguji ketangkasan dan gerak refleks.

Peserta kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yang masing-masing kelompok secara bergantian menuju pos membatik, gamelan, tari Jawa, wayang rumput, dan kreasi janur. Di pos membatik, peserta diberikan selembar kain pola untuk dilapisi dengan malam yang kemudian diserahkan kepada pemandu untuk diproses lebih lanjut. Peserta di pos gamelan awalnya tampak kaku dan kesulitan menyesuaikan tempo nada namun setelah tiga-empat kali mencoba mereka mulai kompak dan gending/lagu jawa yang dimainkan pun akhirnya mengalun merdu. Keseruan juga terlihat di pos tari Jawa dimana peserta mengikuti lenggak-lenggok gerak tarian yang dicontohkan oleh instruktur. Sedangkan peserta lain tampak puas mampu membuat kerajinan tangan di pos wayang rumput dan janur. Menjelang jeda istirahat, peserta dalam grup diberikan tantangan untuk berlomba-lomba membangun menara menggunakan sedotan.

Setelah istirahat makan siang acara berikutnya adalah permainan kompetisi seperti tom and jerry dan tangkap bola. Selanjutnya, peserta diajak ke tanah lapang pada permainan adu cepat tangga A. Permainan ini menggunakan pipa besi berbentuk huruf “A” berukuran cukup besar untuk dinaiki oleh satu orang, dilengkapi sejumlah tali di pucuknya sebagai pengendali yang dipegang oleh anggota kelompok. Masing-masing kelompok berusaha secepat mungkin mengendalikan “Tangga A” dari garis Start menuju Finish sejauh kurang lebih 30 meter. Kompetisi ditutup dengan permainan estafet air yang mewajibkan tiap kelompok memindahkan seember air dari atas tiang satu ke tiang lain yang berjarak 10 meter hanya dengan menggunakan beberapa bilah kayu.

Academix Culture ditutup pada pukul 15.00 WIB dengan foto bersama dan pembagian hadiah kepada masing-masing kelompok. Rombongan kemudian kembali ke kampus dan tiba di Gedung MM FEB UGM pada pukul 16.00 WIB.

IMG_9408